Berwisata dan berkunjung ke objek wisata paling menarik dikota medan. Sumatera utara.

Berikut ini beberapa objek wisata menarik yang ada dikota medan. sumatera utara. Sebagai ibukota provinsi dan kota terbesar dipulau sumatera. Medan memiliki berjuta pesona keindahan yang patut di eksplorasi. Kota ini kaya akan budaya. Adat istiadat dan tentu saja sejarah.

Apa saja objek-objek wisata menarik yang ada dikota medan? Berikut ulasan singkatnya. Semoga bermanfaat.




Istana maimun
Tempat wisata di Medan berikutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Istana Maimun. Bangunan ini kerap disebut sebagai salah satu istana paling indah yang ada di Indonesia. Keunikan utama dari arsitektur istana ini adalah kombinasi unsur Melayu, Islam, India, Spanyol, dan Italia di dalamnya.

Unsur Melayu diwakili dengan pemakaian warna kuning yang mendominasi istana ini. Sementara itu, pemakaian ornamen lampu, meja, kursi, serta pintu dorong di dalam bangunan ini merepresentasikan unsur Eropa. Tidak ketinggalan, bagian atap yang memiliki lengkungan mirip perahu terbalik merupakan desain yang kerap ditemui di kawasan Timur Tengah.

Masjid raya medan.
Masjid Raya Medan menjadi destinasi wisata wajib berikutnya yang dapat ditelusuri di Medan. pembangunannya dimulai pada tahun 1906, dan selesai pada tahun 1909. Bangunannya pun sangat khas, dengan bentuk segi delapan dan bergaya arsitektur percampuran antara Timur Tengah, Spanyol, serta India.

Pendirian Masjid Raya Medan juga menjadi salah satu bukti toleransi antar umat beragama di Medan. Konon, Tjong A Fie turut menyumbangkan dana untuk pembangunan masjid ini. Desain yang megah memang membuat pembangunan Masjid Raya Medan butuh biaya besar, total mencapai 1 juta gulden pada saat itu.

Dengan biaya yang besar tersebut, tidak heran kalau kemegahan masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Al Mashun ini mengalahkan kemewahan istana. Apalagi, material serta perabotan di dalam masjid sengaja didatangkan dari luar negeri. Misalnya, marmer yang berasal dari Italia, kaca patri dari Tiongkok, serta lampu gantung yang diimpor dari Perancis.


Kesawan square

Di sini, wisatawan tak hanya bisa menemukan deretan gedung tua bersejarah, tapi ada pula beragam kafe instagramable yang bisa menjadi pilihan tempat nongkrong.

Selain itu, berkunjung ke tempat wisata ini pada malam hari juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Anda akan menjumpai keberadaan tenda-tenda yang menawarkan beragam jenis makanan. Ada menu halal, ada pula makanan nonhalal. Tanda untuk mengenali makanan tersebut pun mudah, yakni atribut warna biru untuk kuliner halal dan warna merah untuk menu nonhalal.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang
Tempat wisata di Medan yang menarik berikutnya adalah Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Di tempat wisata di Medan yang satu ini, Anda dapat menyaksikan keberadaan total sebanyak 2.700 ekor buaya dengan beragam ukuran. Mulai dari buaya yang baru saja menetas, hingga buaya berusia mencapai 43 tahun dengan panjang 5 meter.

Secara khusus, tempat wisata di Medan ini menjadi pilihan wisata edukatif yang cocok bagi para pelajar. Mereka akan diajak untuk mengenal lebih dekat reptil yang satu ini. Tidak ketinggalan, para pengunjung juga dapat mencoba untuk memberi makan para buaya. Cukup dengan membayar Rp35.000, Anda dapat melemparkan bebek ke kolam penuh buaya.

Wonders Water World

Opsi tempat wisata di Medan selanjutnya adalah Wonders Water World. Secara khusus, tempat ini menjadi pilihan menarik ketika Anda ingin liburan bersama keluarga. Di sini, Anda bisa mengajak si kecil untuk mencoba beragam jenis wahana permainan air yang menyenangkan.

Dikenal sebagai waterpark terbesar berskala internasional di Medan, wahana permainan di tempat wisata di Medan ini memang sangat lengkap. Anda bisa mencoba beragam jenis seluncuran air di sini, mulai dari super loop, topsy turvy, tunnel twister, pipe line, ataupun bullet bowl.

Sementara itu, untuk pengunjung anak-anak, tersedia kolam khusus anak yang dangkal dan aman. Pilihan permainan di kolam anak juga cukup banyak, di antaranya adalah ember tumpah, air terjun buatan, serta seluncuran air mini.

Pasar belawan.
Bagi para pencinta wisata belanja, Medan memiliki Pasar Belawan. Pasar yang satu ini terkenal sebagai pusat penjualan berbagai kerajinan keramik. Kerajinan keramik di sini pun bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan harga dapat disesuaikan dengan isi kantong.

Pasar Belawan berlokasi di antara Jalan Veteran dengan Jalan Simalungun. Pasar ini pun selalu ramai oleh para pengunjung. Mereka yang datang ke tempat wisata di Medan yang satu ini tidak hanya para wisatawan yang tertarik untuk membeli keramik. Banyak pula warga sekitar atau pelancong yang datang sekadar untuk cuci mata. Apalagi, kerajinan keramik di sini memang sangat cantik.

Keramik yang bisa dijumpai di pasar ini juga merupakan produk yang berkualitas. Bahkan, tak sedikit produk kerajinan keramik yang didatangkan dari Singapura ataupun China. Selain produk keramik, ada pula pedagang lain yang menjajakan produknya. Di antaranya adalah pedagang pakaian, sepatu, makanan, tas, parfum, dan lain-lain.


Masjid al osmani
Luangkan waktu untuk berkunjung ke Masjid Al-Osmani yang terletak di Kecamatan Medan Labuhan. Masjid yang juga kerap disebut dengan nama Masjid Labuhan ini dikenal sebagai masjid tertua yang ada di Kota Medan.

Pembangunan masjid ini dilakukan oleh Raja Deli ketujuh yakni Sultan Osman Perkasa Alam pada tahun 1854. Hanya saja, pembangunannya saat itu dilakukan memakai bahan kayu. Baru pada rentang tahun 1870 hingga 1872, bangunan masjid ini dipermanenkan oleh Raja Deli kedelapan, Sultan Mahmud Perkasa Alam.

Desain bangunan masjid ini memiliki keunikan tersendiri, merupakan perpaduan antara unsur Tiongkok, Spanyol, Melayu, India, serta Timur Tengah. Hal itu terlihat pada bagian pintu yang dilengkapi dengan ornamen khas Tiongkok. Sementara itu, ukuran pada dinding memiliki ciri khas India. Desain arsitektur bangunan terlihat menggunakan nuansa Eropa, sementara ornamennya kental dengan unsur Timur Tengah.

Tidak ketinggalan, unsur Melayu juga sangat terlihat mencolok pada bangunan masjid ini. Hal itu terlihat dari pemakaian cat warna kuning yang menjadi warna kebanggaan Suku Melayu. Warna ini merepresentasikan kemegahan serta kemuliaan yang kemudian dipadu dengan warna hijau sebagai representasi unsur keislaman.

Baca juga: Alamat dan nomor telepon hotel dan penginapan di Medan. sumatera utara.

Demikianlah beberapa tempat yang bisa anda pilih untuk berwisata selama anda berlibur ke kota medan di sumatera utara. Have a nice day dan selamat berlibur.

⏪ prev : Berwisata dan menikmati objek wisata yang eksotis dikota tanjung pinang. Kepulauan.Riau.

⏩ next : Berwisata dan mengunjungi objek wisata dikota batam. Kepulauan riau.

Comments