Berwisata dan menikmati objek wisata yang eksotis dikota tanjung pinang. Kepulauan Riau.

Berikut ini objek wisata yang paling menarik dan sayang untuk dilewatkan ketika anda berkunjung ke tanjung pinang. Provinsi kepulauan riau. Daratan surgawi ditengah samudera ini siap memberikan sensasi berwisata yang pastinya sangat memuaskan.

Apa saja objek wisata menarik yang ada dikota tanjung pinang? Let's check it out...




Masjid Raya Sultan Riau
Tempat wisata di tanjung pinang yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu destinasi wisata budaya di indonesia yang cukup berharga. Masjid yang satu ini merupakan salah satu lambang dan peninggalan dari keberadaan Kesultanan Johor. Melihat dari bobot sejarah dan keunikannya, maka Masjid yang satu ini telah dijadikan sebagai salah satu cagar budaya yang sangat di lindungi.

Keunikan dari masjid ini adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membangunnya sangat unik. Salah satu bahan pembuat masjid yang dipercayai oleh masyarakat adalah campuran dari putih telur. Masjid yang satu ini merupakan salah satu peninggalan  penting dari kerajaan Riau – Lingga.

Pada awal pembangunannya masjid yang satu ini hanya berupa bangunan dengan berdinding kayu dan berlantai batu bata saja. Namun, semakin lama jamaah yang menggunakan masjid ini semakin banyak, sehingga dibutuhkan perubahan bentuk dan pelebaran. Masjid yang kini di dominasi oleh warna kuning cerah dan hijau ini memang masih digunakan untuk tempat ibadah. Perubahan bentuk pertama dari Masjid ini sendiri dilakukan oleh Sultan Kerajaan Riau-Lingga yaitu Yang Dipertuan Muda Raja Abdurrahman.

Jika kita memasuki Masjid yang satu ini, maka kita bisa melihat beberapa benda bersejarah yang sangat dijaga dengan baik. Bisa dikatakan bahwa selain berfungsi sebagai tempat ibadah, kawasan ini juga berfungsi sebagai museum yang cukup menarik untuk di kunjungi. Namun, jika kita berkunjung di kawasan ini kita akan sangat dilarang mengambil foto suasana di dalam Masjid. Jika kalian datang berkunjung ke Tanjung Pinang, maka sempatkan waktu untuk berkunjung ke masjid ini.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Sebagai salah satu destinasi wisata religi di Indonesia Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, yang berada di Unggat, Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, ini memang tak pernah sepi dengan yang namanya pengunjung.  Pada awalnya lokasi yang satu ini memang diperuntukan sebagai tempat beribadah.

Namun, lama kelamaan keunikan dan keindahan dari bangunan ini mulai menarik wisatawan untuk berkunjung dan melihat keunikan Vihara ini. Oleh beberapa orang Vihara ini biasa disebut sebagai Vihara seribu wajah, atau Vihara seribu patung. Jika kita memasuki Vihara yang satu ini maka kita akan merasakan suasana  yang mirip dan serupa dengan suasana Tiongkok kuno. Selain itu hal unik lain yang ada di kawasan ini adalah keberadaan dari 500 patung yang di tampilkan.

Pantai Trikora
Meski letaknya jauh dari Tanjungpinang, pesona Pantai Trikora bikin wisatawan rela menempuh jarak 45 km ke sana. Pantai ini terbagi menjadi empat bagian yang ditandai sebagai Trikora 1, 2, 3 dan 4.

Di sekitarnya berjajar resor-resor mewah, hutan magrove dan resto seafood yang menggugah selera. Jangan lewatkan juga sensasi snorkeling di sini, pemandangan bawah lautnya cantik banget bikin makin betah liburan.


Tepi Laut
Dinamakan Tepi Laut karena tempat ini memang berada di pinggir pantai, memanjang hingga melewati 4 ruas jalan besar. Tepi Laut berlokasi di Tanjungpinang, menyuguhkan pemandangan Selat Riau, Pulau Penyengat, Kampung Bungis dan beberapa pulau lain di sekitarnya.

Di sini berdiri lebih dari 20 bangunan penting mulai dari instansi pemerintahan hingga aneka spot kulineran. Berwisata ke Tepi Laut dijamin puas banget, apa saja tersedia termasuk penginapan.

Pulau Dompak

Di selatan kota Tanjungpinang, kamu akan melihat jembatan besar nan kokoh yang menghubungkan Pulau Bintan dengan Pulau Dompak. Jembatan ini dinamai Jembatan Dompak, yang kini makin ramai dikunjungi warga dan wisatawan yang ingin berfoto.

Pulau seluas 995 hektar ini dijadikan sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Maka dari itu dibangun 2 buah jembatan besar yang menghubungkan Pulau Dompak dengan Kota Tanjungpinang.

Pulau Penyengat

Berjarak 2 km dari pusat Kota Tanjungpinang ada Pulau Penyengat yang dijuluki sebagai tempat kelahiran Bahasa Indonesia. Di pulau inilah terdapat Monumen Bahasa Melayu serta Balai Adat Melayu, dua bukti cikal bakal kebudayaan dan bahasa ibu Indonesia.

Monumen Bahasa Melayu dibangun untuk menghormati jasa Raja Ali Haji, seorang ulama, sejarawan dan pujangga keturunan Bugis-Melayu. Beliau dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional di Bidang Sastra dan Bahasa. Raja Ali Haji inilah yang pertama kali mencatat dasar-dasar tata bahasa, lalu membukukannya menjadi sebuah buku berjudul “Pedoman Bahasa”.

Pulau Penyengat menjadi salah satu ikon wisata Kepulauan Riau. Di sinilah tempat awal pusat pemerintahan Kerajaan Riau, setelah memenangi sengketa dengan Kerajaan Johor dan berdiri sendiri sebagai sebuah kesultanan baru.

Baca juga: Alamat dan nomor telepon hotel dan penginapan di Tanjung pinang, Kepulauan Riau.

Itulah sebagian objek wisata yang mungkin akan menarik minat traveler untuk berlibur dan bersenang- senang di tengah samudera. Party on the ocean., kepulauan riaulah tempatnya. Selamat berlibur....

⏪ prev : Berwisata dan menikmati pesona keindahan kota banda aceh. Nanggroe aceh darussalam.

⏩ next : Berwisata dan berkunjung ke objek wisata paling menarik dikota medan. Sumatera utara.

Comments