Lezatnya gulai tepek ikan, kuliner khas melayu dari provinsi jambi.

Gulai tepek ikan adalah kuliner khas melayu asal provinsi jambi. Kuliner ini sangat spesial sebab hanya dihidangkan pada saat-saat istimewa dan sakral lainnya seperti upacara pernikahan dan kenduri-kenduri lainnya.




Gulai tepek ikan adalah olahan ikan gabus boleh juga tenggiri. yang diolah bersama dengan sagu yang di mix mirip dengan pempek. Yang membedakan cuma pada kuahnya.

Jika anda ingin merasakan kelezatan gulai tepek ikan khas jambi ini. Berikut resep dan proses pengolahannya yang bisa anda coba dirumah.

Bahan-bahan:

- 1 1/2 kg ikan gabus / tenggiri / belido giling
- 500 gr Tepung Sagu
- 8 siung Bawang PutihGaram halus secukupnya
- 2 Ltr Air untuk merebus

Cara Membuat Masakan Gulai Tepek Ikan yang Lezat:

Haluskan bawang putih, tambahkan garam, sisihkan.Campur ikan gabus giling, tepung sagu dan bawang putih yang sudah dihaluskanUleni hingga adonan bisa berbentuk bulat panjang (seperti bentuk pempek lenjer) Rebuslah adonan Tepek dalam air mendidih untuk memasak / terapungsetelah agak sulit, potong serong menjadi beberapa bagian

Bahan Kuah Gulai:

- 8 btr kemiri
- 10 siung bawang merah
- 9 siung bawang putih
- 2 batang serai
- 2 ruas jari kunyi
- 3ruas jari lengkuas
- 3 ruas jari jahe
- 17buah Cabai merah
- 1 sdt Adas Manis
- Garam secukupnya
- gula secukupnya
- 5 sdm Minyak untuk menumis
- 900 ml Santan Kental
- 1,5 Kelapa

Cara Membuat Kuah Gulai Tepek Ikan yang Lezat:

Potong kecil-kecil lengkuas, kunyit, jahe, serai dan cabe merahPemanas minyak utk menumis, isi bawang merah, bawang putih, kemiri, dan potongan lengkuas, kunyit, serai, cabe merah. Setelah harum masukan Adas manis, lalu angkat dan haluskan semua bahan yang ditumis tadi Masak santan, masukan bahan-bahan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk pelan-pelan agar santan tidak pecah.Setelah santan mendidih, masukan potong-potong tepek ikan hingga santan makin mengental Tambahkan potongan nanas, tambahkan garam & gula secukupnya sesuai dengan selera.Angkat dan hidangkan Gulai Tepek Ikan, taburi dengan irisan kecil-kecil daun kunyit.

Itulah bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan gulai tepek ikan kuliner khas melayu dari provinsi jambi.

⏪ prev : Lezatnya gulai balacan, kuliner melayu khas pekanbaru, Riau.

Comments