Lezatnya gulai balacan, kuliner melayu khas pekan baru, Riau.

Kuliner melayu nan lezat dari bumi nangroe aceh darussalam ayam tangkap adalah olahan ayam yang sangat menggugah selera.

Aceh menawarkan aneka kuliner yang lezat dan unik. Beberapa kuliner asal aceh yang terkenal tidak hanya bagi mansyarakat aceh tapi bahkan diseluruh nusantara seperti mi aceh, Bu sie itek dan masih banyak lagi.

Namun kali ini kita akan membahas satu menu yang jarang diekspose namun memiliki cita rasa yang patut untuk dicoba.




Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh. Pengolahan ini sangat sulit, hanya dengan menggoreng terlebih dahulu sebelum pemberian bumbu agar gurih saat disantap. Bumbu yang unik seperti putih, lada, kemiri, garam, dan jahe. Setelah dibumbui, ayam lalu digoreng sekitar 5–10 menit. Pada saat yang bersamaan, masukkan beberapa lembar yang akan digunakan bersama-sama. Daun yang adalah, diungkap daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja. Dedaunan itu pula yang kemudian mendorong sajian ayam tangkap pada setangkup piring.

Setelah ayam matang, dedaunan ini memang tetap dilakukan dengan menambahkan ayam yang terlihat di bawah dedaunan. Dedaunan ini selain sebagai daya tarik hidangan, juga bisa digunakan sebagai lalapan kering pelengkap potongan ayam. Jika masih dalam kondisi hangat, dedaunan ini bercita rasa kering seperti kerupuk.

Bagaimana? Anda tertarik untuk merasakan kelezatan ayam tangkap dan ingin membuatnya dirumah? Kami akan coba mengulas cara dan proses pengolahannya.

Bahan.( 4 porsi )
-1 ekor ayam
- 2 batang serai
- 6 lembar daun jeruk
- 500 ml air kelapa muda
- 200 ml air
-minyak untuk menggoreng
Bumbu halus.
-100 gram bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 4 cm jahe
- 4 cm kunyit
- 1 sendok teh merica
- 1,5 sendok teh garam
- 1 sendok makan air asam jawa
- 1 sendok makan gula merah
Bumbu kasar.
- 125 gram bawang merah iris tipis
- 8 siung bawang putih iris tipis
- 2 lembar daun pandan iris sesuai selera
- 2 tangkai daun salam
- 5 cabe hijau besar belah dua
- 4 batang daun bawang iris
- 3 lembar daun kunyit iris
- 4 batang serai memarkan.

Cara memasak:
- Potong-potong kecil ayam beserta tulangnya ukuran 3 cm. Campur potongan ayam dengan bumbu halus, aduk rata, diamkan selama ± 30 menit agar bumbu meresap.
- Taruh ayam berikut bumbunya dalam wajan, masukkan serai dan daun jeruk. Tuangi air kelapa dan udara, jerang di atas api, masak hingga mendidih. Kecilkan apinya, tutup wajan, masak terus hingga airnya mengering dan ayam empuk.
- Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Goreng masing-masing bumbu kasar secara terpisah, aduk-aduk hingga masing-masing bumbu matang dan kering, angkat. Campur jadi satu semua bumbu kasar yang sudah digoreng tadi, sisihkan.
- Panaskan kembali bekas menggoreng bumbu, ucapkan bagian ayam ungkep. Goreng sambil diaduk-aduk hingga ayam kering, angkat, tiriskan. Lakukan hal yang sama untuk menyelesaikan ayam.
- taruh ayam goreng dan bumbu kasar goreng dalam wadah, aduk rata, hidangkan.
It so simple right...

⏪ prev : Nikmatnya bubur pedas kuliner khas sambas kalimantan barat.

⏩ next : Alamat dan nomor telpon hotel dan penginapan dikota kayu agung, OKI.

Comments