Objek wisata menarik di selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Riau.

Pesona wisata Riau, Objek wisata menarik di Selatpanjang, Kepulauan Meranti. Riau. Kabupaten kepulauan Meranti menyimpan sejuta pesona yang wajib di eksplor keindahannya. Bagi para wisatawan yang ingin berwisata di kepulauan Meranti, Berikut ini beberapa objek wisata yang perlu anda kunjungi. berikut selengkapnya;


Pulau Legenda Dedap Durhaka
Pulau Legenda Dedap durhaka  ini berlokasi di Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Di pulau ini terdapat pohon mempelam (mangga) yang mana buah bagian atasnya manis rasanya dan bagian bawah asam rasanya dan terdapat sepasang kera sebagai penunggu pulau ini.

Pantai Ceria
Pantai ini ramai di kunjungi warga setempat maupun pengujung yang berasal dari dearah lain. Pantai Ceria, sesuai dengan namanya teletak di Desa Centai, Kecamatan Merbau. Nama Ceria Sendiri di ambil dari singkatan Centai Riau.

Selain keeksotisan keindahan laut yang luas dan tenang, di pantai ini kita juga dapat menemukan keunikan lain yaitu adanya biota laut yang disebut masyarakat sekitar dengan sebutan Mentarang.
Selain pantai ceria, ada lagi pantai yang tak kalah ramai pengunjungnya yaitu Pantai Motong.

Pantai Motong
Nama pantai motong ini diambil dari nama daerah, yaitu tanjung motong. Pantai Motong terletak di desa Permai.

Selain menawarkan keindahan kepada pengunjung, di Pantai motong ini juga kita bisa melihat laut Selat malaka yang luas dan tenang dan di tambah lagi di sepanjang Pantai Motong berbaris bebatuan yang tersusun rapi untuk pemecah ombak yang menambah keindahan pantai motong.

Pantai Dorak
Wisata Pantai Dorak di Selat Panjang MerantiSelain Wisata Budaya Perang Air Cian Cui, Wisata Air Tasik Putih, maka Pantai Dorak menjadi salah satu pantai wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Kota Selatpanjang, Kepulauan Meranti. Masuk dalam peta wisata Riau untuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Meskipun Selatpanjang dikeliling kawasan pulau dan perairan, namun untuk pantai sendiri masih terbilang cukup sederhana kondisinya. Pantai Dorak cukup untuk melepas kepenatan para pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati suasana laut yang khas di Selatpanjang.


Pantai Dorak merupakan sebuah pantai yang terletak di kawasan Kota Selatpanjang. Di pinggiran pantai terdapat turap dari bebatuan serta bangunan tangkahan kayu yang dibuat panjang menjorok ke laut seperti pelabuhan kecil. Ada yang hanya sekedar untuk duduk dan menikmati angin laut, ada juga yang dibuat langsung terhubung dengan air selat. Para pengunjung bisa bermain air, terutama ketika kondisi air dalam keadaan pasang.

Pantai Dorak banyak dikunjungi warga di petang hari, terutama pasangan muda-mudi yang ingin menikmati senja. Ada yang juga yang sekedar berpose mengambil foto untuk akun sosial medianya. Angin laut berhembus kuat ditambah dengan pemandangan kapal-kapal nelayan yang berlayar di lautan. Bagi yang berasal dari luar kota, akan menjadi daya tarik tersendiri melihat langsung kapal-kapal nelayan yang disandarkan di dermaga. Kapal-kapal dengan berbagai ukuran menjadi pemandangan khas yang sulit dilupakan dari Kota Selatpanjang.

semestinya perlu dikembangkan lagi, mulai dari kebersihan maupun fasilitas yang harus dilengkapi lagi. Kayu-kayu yang menumpuk di sepanjang kawasan pantai sebaiknya dibersihkan sehingga para pengunjung bisa menikmati suasana yang lebih asri lagi. Selama ini beberapa lokasi pantai ini hanya disinggahi para pekerja tukang becak dan fasilitas untuk bersantai pun masih kurang. Di tempat ini juga perlu dibangun area kuliner khusus selain yang sudah tersebar di kawasan Kota Selatpanjang tentunya. Duduk di tepi pantai pada petang hari menyuguhkan pemandangan sunset yang indah, dan inilah yang banyak dicari orang di kawasan Selatpanjang. Warga setempat juga perlu membantu pemerintah dengan menjaga kebersihan area. Tidak menumpuk sampah di area pantai misalnya. Sehingga akan semakin memberi kesan yang indah pada para pengunjung dari luar kota.


Duduk di tepi Pantai Dorak akan semakin spesial dengan menikmati berbagai kuliner khas daerah ini. Seperti misalnya roti canai yang cukup terkenal di Selatpanjang. Para penjual roti canai di kota ini umumnya belajar di Malaysia lebih dulu sebelum membuka bisnisnya, sehingga tak heran jika rasanya benar-benar membuat rindu para wisatawan luar kota. Selain itu, aneka makanan seafood seperti tomyam juga sangat lezat rasanya. Berbeda dengan rasa tomyam di kebanyakan tempat. Rasanya sangat pas dan campuran seafoodnya yang sangat banyak. Duduk di pantai menikmati kuliner ini akan menjadi suasana tak terlupakan selama berada di Selatpanjang.

Tasik Air Putih
Tasik Air Putih merupakan tasik dengan lebar 800 meter yang berada di salah satu pulau, yaitu pulang rangsang bagian selatan kota selat panjang.

Untuk menuju ke tasik air putih ini melalui Desa Teluk Samak dan Desa Tanjung Samak Kecamatan Rangsang. Di sekeliling dan sepanjang  tasik air putih banyak ditumbuhi oleh pohon palem merah. Hal ini tentu menimbulakan pemandangan fenomena unik yang jarang bisa kita jumpai di tasik-tasik  lain. Dan di tengah tasik air putih ini terdapat sebuah pulau yang menjadikan nilai tambah pesona ke indahan tasik air putih.

Tasik Nambus
Tasik yang berlokasi di Desa Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing tinggi Barat dapat kita tempuh dari pelabuhan selat panjang dengan memakan waktu 30 menit melalui jalur darat.

Tasik Nambus yang dikelilingi hutan lindung ini, biasanya pada bulan syafar masyarkat setempat khususnya warga kecamatan tebing tinggi barat melakukan ritual mandi syafar di Tasik Nambus ini.

Tasik Putri Pepuyu
terletak di Desa Tanjung Padang atau Pulau Padang Kecamatan Merbau. Daerah tempat tasik putri pepuyu berada di tengah hutan lindung yang masih asri dan belum banyak disentuh oleh tangan-tangan jahil manusia sehingga tempat ini masih alami dan belum perubahan dari bentuk aslinya.

Itulah beberapa objek wisata yang menarik yang bisa dinikmati ketika anda berwisata di selatpanjang, Kabupaten kepulauan meranti. Riau, semoga bermanfaat.


Baca juga: Alamat dan nomor telepon hotel dan penginapan di selat panjang, Kepulauan meranti. Riau.

Comments