Wisata tahun baru, menikmati pesona keindahan kota pagar alam, sumatera selatan.

Libur tahun baru segera tiba, kemana tujuan liburan anda. Satu tempat dipedalaman sumatera selatan. Sebuah tempat yang eksotis nan indah, pagar alam dengan gunung demponya mungkin akan memberikan sensasi dan pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

Pemandangan gunung dempo dan hamparan kebun teh. Credit : shutterstock.com


Pagaralam bisa ditempuh 7 jam dari Palembang, ibukota Sumatera Selatan, dengan kendaraan roda empat. Namun, bisa juga tempuh melalui udara, dengan penerbangan selama 40 menit. Rute yang dibuka oleh Wings Air ini adalah Palembang-pagar alam.

Salah satu objek wisata yang dikenal dari kota ini adalah Gunung Dempo. Sebenarnya, selain itu, masih ada wisata alam lain yang menarik di Pagaralam. Setidaknya, ada 7 pilihan yang bisa dijadikan referensi.

Apa saja ketujuh tempat menarik tersebut:

1. Gunung Dempo
Gunung Dempo merupakan bagian dari bukit Barisan, dan gunung ini merupakan yang tertinggi di Sumatera Selatan. Gunung dempo Kerap menjadi tujuan para pendaki. Berada di ketinggian 3,173 meter di atas permukaan laut.

Gunung dempo terkenal akan keindahannya. Jauh dari keramaian, udaranya sejuk dan menenangkan. Diatas sana para wisatawan dapat menikmati kebun sayuran, menghabiskan sepanjang hari memanjakan tubuh sembari menikmati kopi khas kota pagar alam. Pengunjung bisa menikmati kota pagar alam dan luas nya bentang alam dari kejauhan di atas puncaknya.

2. Kebun Teh
Salah satu cara untuk menikmati Hawa Gunung Dempo, bisa mengunjungi perkebunan teh yang ada di kaki gunung ini. Perkebunan teh sudah ada sejak masa  Belanda, bila bertemu dengan pemetik tehnya, sebagian besar bercakap Bahasa Jawa. Rupanya pemetik teh di sini di masa lalu memang dikirim dari Jawa Tengah, hingga sudah menurun mereka tinggal di sini.

Rasakan keindahan berada di tengah-tengah kebun teh seluas 1.500 hektare di sini. Ada juga pemandangan kota Pagaralam dari jauh. Jarak antara perkebunan teh dan pusat kota sekitar 9 km.

3. Air terjun curup Mangkok dan Curup Embun
Tak jauh dari perkebunan teh, ada dua air terjun yang bisa disinggahi. Melewati perkebunan kopi.

Warga lokal menyebut air terjun dengan sebutan curup atau chugup. Curup Embun yang memiliki ketinggian 80 meter dan untuk mencapainya, ada tangga meningkat. Untuk melepaskan haus, di bagian atas ada warung-warung penjaja makanan dan minuman.

4. Tangga Seribu
Salah satu objek wisata yang tak jauh dari Gunung Dempo adalah Tangga Seribu. Berupa tangga panjang 50 meter. Di kiri-kanannya kebun teh. Tangga Seribu ini berada di Kawasan Wisata Gunung Gare. Dari sini, Gunung Dempo yang gagah pun bisa terlihat jelas.

5. Taman Dempo
Yang satu ini terbilang baru, terdiri dari taman dengan fasilitas bermain untuk anak-anak. Ada juga beberapa tempat yang terbilang instagrammable. Gunung Dempo menjadi latar dari area rekreasi ini.

6 Tebat Gheban
Tebat adalah sebutan masyarakat lokal untuk danau. Tebat Gheban ini memiliki luas sekitar 3 hektar, danau kerimbunan, termasuk deretan pohon-pohon cemara. Biasa orang datang untuk bersantai di gazebo yang ada di tepi danau, atau memancing. Dari pusat kota jarak 7 kilometer. Dari danau ini juga terlihat Gunung Dempo dari kejauhan.

7. Air Terjun Lematang Indah
Air terjun yang satu ini dapat ditemukan dalam perjalanan dari Pagaralam ke Lahat. Tidak perlu bersusah payah untuk mencapainya karena perlu di pinggir jalan jalur utama antara dua kota ini. Aliran airnya berasal dari Sungai Lematang. Dari jalan utama, ada tangga menurun untuk mencapai air terjun setinggi 40 meter ini. Untuk bermain dengan riaknya, bisa menjajal tubing dengan ban besar.

Itulah beberapa objek wisata yang bisa dinikmati dalam rangka liburan tahun baru ataupun liburan akhir pekan anda.

Pack your bag....

⏪ prev : Alamat dan nomor telpon hotel dan penginapan dikota batu raja, OKU.

⏩ next : Pesona keindahan danau ranau, objek wisata keren di OKU selatan.

♻ Top artikel : Alamat dan nomor telpon hotel dan penginapan dikota pagar alam.

Comments