Rendang, kuliner melayu lezat dari tanah minang.

Rendang adalah kuliner khas melayu yang berasal dari Ranah minang, sumatera barat. Kelezatan dan kenikmatan cita rasanya sudah tidak bisa diragukan lagi. Bahkan rendang telah dinobatkan sebagai makanan terlezat sedunia.



Rendang terbuat dari olahan daging. Baik daging sapi, kerbau, kambing, ayam dan itik. Yang dimasak menggunakan kelapa bersama dengan rempah-rempah. Hingga nenghasilkan sebuah hidangan yang lezat.

Bagi masyarakat melayu baik yang tinggal di indonesia, malaysia, brunei dan singapura rendang mudah untuk dijumpai. Rendang bisa ditemukan di kedai-kedai fan restoran padang. Mereka orang-orang padang telah berhasil memperkenalkan kuliner ini keseluruh negeri melayu bahkan sampai keseluruh dunia.

Berikut ini kami akan berbagi resep cara membuat rendang dan bagaimana proses pembuatannya. Hingga anda menikmati hidangan khas tanah minang ini kapan pun dan dimanapun.

Bahan Utama

- 1,5 kg daging
- 2 liter santan dari 2 butir kelapa tua

Bumbu dan Rempah
- 2 batang daun serai, memarkan
- 4 lembar daun jeruk purut
- 2 cm asam kandis / gelugur
- 2 lembar daun kunyit

Bumbu yang dihaluskan:
- 5 butir kemiri
- 6 siung bawang putih
- 100 g cabe merah besar
- 12 butir bawang merah
- 100 g cabe merah keriting
- 2 cm jahe, bakar
- 2 cm lengkuas
- 3 cm kunyit, bakar
- 1 / 2 sdm ketumbar
- 2 sdt garam
- 1 / 2 sdt pala
- 1 sdt jintan, sangrai
- Penyedap rasa secukupnya

Cara memasak

Pertama-tama potong-potong daging rendang dengan bentuk dadu atau seukuran yang diinginkan, hanya saja jangan pernah potong daging terlalu kecil untuk diolah menjadi rendang agar saat dimasak nanti daging tidak hancur.

Tuangkan santan ke dalam wajan besar, masukkan pula serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit. Aduk-aduk hingga santan mendidih dan dimasak santan yang Anda masak tidak pecah, untuk itu Anda harus terus mengaduk-aduk.

Setelah santan mendidih, masukkan perlahan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam dan sesekali aduk-aduk selama kurang lebih 20 - 30 menit.

Masukkan potongan daging dan dimasak dengan menggunakan api kecil / sedang hingga santan mengering serta bumbu meresap ke pori-pori daging.
Terus diaduk sampai daging empuk dan matang.

⏪ prev : Lezatnya gulai tepek ikan, kuliner khas melayu dari provinsi jambi.

⏩ next : Alamat dan nomor telpon hotel dan penginapan dikota lahat, sumatera selatan.

Comments