Pesona keindahan danau ranau, objek wisata keren di OKU selatan.

Menjelajah jauh kepedalaman sumatera selatan, serta merasakan sensasi liburan yang berbeda. Satu lagi tempat wisata menarik yang ada di provinsi sumatera selatan yaitu objek wisata danau ranau.

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau ini terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan dan sebagian masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Danau ranau kabupaten OKU selatan. Credit: shutterstock.com


Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Karena itu, secara geografis topografi, Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah. Tidak heran jika di kawasan danau ini cuacanya sangat sejuk.

Tepat di tengah danau, terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Sumber air panas yang sering digunakan para penduduk lokal atau pun para wisatawan yang datang. Tak hanya itu, ada juga air terjun, dan penginapan.

Di kabupaten ini, Danau Ranau terletak sebagian besar Kecamatan Banding Agung, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Untuk menuju kedanau ranau, dapat ditempuh melalui beberapa rute, diantaranya Dari Kota Muaradua yang menjadi ibukota Kabupaten OKU Selatan, danau ini hanya berjarak sekitar 55 Km. Jika menggunakan transportasi jalur darat, waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sementara dari Palembang, butuh waktu sekitar 9 jam perjalanan menggunakan mobil.

Di kawasan Danau Ranau Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya Pulau Marisa yang terletak di tengah-tengah danau.

Untuk menuju pulau marisa, didermaga banding agung dan dermaga pusri tersedia perahu motor dengan harga tiket yang sangat terjangkau.

Di Pulau ini banyak terdapat lokasi tempat pemandian sumber air panas yang mengandung belerang. Masyarakat lokal percaya, mandi di sana bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit.

Setelah mengunjungi Pulau Marisa, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah di sekitar danau. Di sana Anda akan melihat hamparan sawah luas yang menghijau dan berhektare-hektare kebun kopi milik warga lokal.

Bagi yang ingin bermalam di Danau Ranau, tidak perlu khawatir. Telah terdapat banyak akomodasi untuk menginap. Di sana ada Villa Pusri, Mes Air Terjun, beberapa hotel dan penginapan lain.

Jadi sangat layak jika anda memasukkan danau ranau kedalam agenda perjalanan wisata anda ke sumatera selatan.

⏪ prev : Wisata tahun baru, menikmati pesona keindahan kota pagar alam, sumatera selatan.

⏩ next : Alamat dan nomor telpon hotel dan penginapan dikota jambi.

Comments