Objek wisata menarik yang ada di toboali kabupaten bangka selatan.

Berikut ini daftar objek wisata yang ada di toboali kabupaten bangka selatan. Yang pastinya akan sangat sayang jika di lewatkan jika anda berkunjung ke toboali.

Kabupaten bangka selatan memang menyimpan berjuta pesona wisata yang luar biasa. Sebagai wilayah kepulauan bangka selatan di anugrahi pantai dan lautnya yang indah. Serta bentang alam yang juga tak kalah cantik. Apa saja objek wisata yang ada di kota toboali?. Berikut ini selengkapnya.



Batu belimbing
Batu Belimbing menjadi destinasi yang sedang naik daun di Toboali. Letaknya masih tak jauh dari pusat kota, meski tak sedekat dua destinasi di atas. Batu Belimbing berada dijalan Pasiban Kampung lalang, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.Butuh waktu sekitar 10 menit menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota untuk sampai ke sini.

Dinamakan batu belimbing karena batu granit berukuran besar ini membentuk irisan menyerupai buah belimbing secara alami. Hal ini dikarenakan curah hujan selama ratusan tahun dan mengikis bagian batu dan membentuk sebuah pola. Konon batu semacam ini hanya terdapat di Toboali, Bangka Selatan selain pantai Romodong Belinyu, Pantai Anambas Riau, Ayer Rock Australia dan Sin zhuan Tiongkok.

Pantai batu perahu
Berada tak jauh dari Batu Belimbing, kita dapat menemukan Pantai Batu Perahu hanya dengan berjalan kaki. Meski pasir pantai tak begitu putih bersih, namun pemandangan bebatuan granit berukuran besar menghiasi sepanjang bibir pantai dan menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan terdapat sebuah batu besar yang berbentuk seperti perahu dan memiliki tinggi sekitar tiga meter dengan lebar lima meter. Hal itu pula yang membuat pantai ini dinamakan dengan Pantai Batu Perahu.

Pantai batu kapur.
Masih di garis pantai yang sama. Bergeser sedikit, kita dapat menemukan Pantai Batu Kapur. Hampir serupa dengan Pantai Batu Perahu, pantai ini juga dihiasi dengan bebatuan granit yang berada di sepanjang bibir pantai. Yang membuatnya dinamakan batu kapur justru bukan dari jenis batu, melainkan banyaknya hewan serangga yang disebut oleh warga sekitar dengan  nama kapur. Serangga ini sering muncul pada sore hari di musim-musim tertentu.

Pantai batu kodok
Masih sama seperti dua pantai sebelumnya. Pantai ini memiliki panorama hampir serupa dengan hiasan bebatuan granit yang tersebar di bibir pantai. Sementara batu berbentuk mirip kodok pula penyebab pantai ini dinamakan dengan Pantai Batu Kodok. Letaknya berada diKelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.


Benteng toboali
Benteng Toboali merupakan destinasi sejarah yang tak jauh dari pusat kota. Bahkan kita dapat menempuhnya dengan berjalan kaki sambil menikmati jalanan kota Toboali. Sekitar 10 menit perjalanan sampailah kita di benteng peninggalan Belanda ini. Letaknya berada di atas bukit kecil, dan menghadap ke arah laut.

Benteng yang dibangun pada tahun 1825 ini dahulu diperuntukkan melindungi pertambangan timah dari serangan yang berasal dari arah laut. Antara tahun 1942 hingga 1945 benteng ini juga sempat dikuasai Jepang. Saat ini kondisinya sudah tak utuh lagi, dan hanya tersisa reruntuhannya saja. Terlihat beberapa bekas ruangan dengan dinding yang ditumbuhi pohon besar. Konon ruangan-ruangan tersebut dulu digunakan sebagai gudang, barak prajurit, ruang administrasi, ruang penjagaan, dapur, dan tempat menyimpan bahan makanan. Akar pepohonan yang merambat di setiap dinding justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar berswafoto. Dari benteng ini pula, kita dapat melihat panorama Pantai Nek Aji dari ketinggian.

Pantai nek aji
Pantai Nek Aji berada di belakang Benteng Toboali dan menjadi salah satu pantai andalan di kota ini. Selain karena mudah dijangkau, pantai ini memiliki panorama indah dan suasana yang nyaman. Bibir pantai yang luas dengan pasir putih membuatnya digemari wisatawan untuk melakukan beragam kegiatan. Bahkan pantai ini sering dijadikan sebagai tempat berlangsungnya sebuah acara ataupun pestival.

Saat berlangsung acara seperti inilah Pantai Nek Aji mendadak ramai dan penuh oleh pengunjung baik masyarakat setempat ataupun wisatawan. Meski terik pada siang hari, wisatawan tak perlu kawatir kepanasan terlalu lama, karena pantai ini juga dinaungi deretan pepohonan rindang sebagai peneduh alami di sekelilingnya.

Baca juga: Alamat dan nomor telepon hotel dan penginapan di Toboali. Bangka belitung.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa objek menarik yang ada di toboali kabupaten bangka selatan. Semoga bermanfaat...

⏪ prev : Objek wisata menarik yang ada di koba kabupaten bangka tengah.

⏩ next : Objek wisata menarik yang ada di muntok kabupaten bangka barat.

Comments