Wisata tanah melayu. Pesona keindahan kepulauan mentawai, sumatera barat.

Kepulauan mentawai adalah sebuah kabupaten di provinsi sumatera barat. Mentawai merupakan salah satu tujuan wisata dengan kualitas internasional. Sebuah kepulauan yang dilingkari samudera dengan udara yang sejuk khas khatulistiwa, pemandangan alam surgawi khas alam tropis. Kepulauan mentawai akan memberikan nuansa berlibur dan berwisata.



Berikut ini, beberapa tempat wisata yang bisa anda coba ketika anda berwisata dikepulauan mentawai, sumatera barat.

Pantai nyang-nyang
pantai nyangnyang. Pantai ini terletak di tengah pulau yang ada di kepulauan mentawai. Kita tahu di kabupaten kepulauan mentawai sendiri ada banyak pulau yang terpisah dan salah satunya pulau nyangnyang. Pantai nyangnyang ini berada di Kecamatan Siberut Selatan pulau nyangnyang. Kurang lebih 2 jam untuk dapat sampai ke pantai nyangnyang jika dari kota kecamatan. Dan harus menggunakan angkutan laut seperti speedboat untuk bisa sampai ke pantai ini. Konon katanya ombak di pulau ini cukup besar dan termasuk ombak tertinggi yang ada di dunia.

Pantai Awera
Agak ketimur sedikit dari pulau nyangnyang maka kamu akan menemukan tujuan wisata pantai yaitu pantai awera. Sama seperti di pantai nyangnyang tadi, pantai awera ini terletak di satu pulau di pulau awera. Untuk dapat sampai ke pantai ini harus menggunakan transportasi laut seperti kapal jika dari kota kecamatan. Pantai awera sendiri terletak tepat di depan ibukota Tuapejat. Pemandangan di pantai ini juga indah, bagi kamu yang suka menyelam dengan alam bawah laut tempat ini lah yang cocok untuk mu. Sebab air di pantai ini cukup jernih dan berwarna biru. Alam bawah laut pantai awera sendiri masih terumbu karang termasuk ikan dan terumbu karang. Jadi ngak nyesel deh kalau kamu berwisata ke sini.


Air Terjun Bat Soumang
Tidak hanya destinasi wisata pantai, di kepulauan mentawai ada beberapa destinasi wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi. Salah satu destinasi wisata air terjun di kepulauan mentawai adalah air terjun kelelawar soumang. Lokasi wisata air terjun kelelawar soumang sendiri terletak di pulau terbesar dari kepulauan mentawai. Tepat di pendalaman tengah hutan ada air terjun yang disebut air terjun batsaomang. Terletak di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pantai bulasat.
Pulau Nyang Nyang yang terletak di Desa Katurei memiliki ombak pantai yang sangat tinggi. Ombak mencapai 4 meter akan kamu temukan di pulau nyangnyang. Dan pulau lainnya yang memiliki ombak yang lebih tinggi dari pulau karamajat. Hingga banyak pantai di pulau ini hingga 4 meter. Akan tetapi juga beberapa pantai di pulau ini yang memiliki ombak yang kecil dan tenang. Salah satu pantai ini adalah pantai Bulasat yang terletak di dusun Bulasat. Untuk dapat sampai ke pantai ini kamu harus melewati perbukitan dan jika dari kota melewati kurang dari 3 jam untuk bisa sampai ke lokasi pantai bulasat ini. Sesampai sana kamu akan di hadirkan pantai dengan pasir putih di pantainya.


Danau Rua Oinan
Desa Madobak yang terkenal dengan air terjun Kulu Kubuknya setinggi 70 meter. Berikut ini yang tidak jauh dari desa ini kamu akan menemukan tempat wisata danau yang ditemukan danau rua oinan. Danau ini terbentuk seperti muara dengan kelilingin di pohon besar seperti sagu di sekelilingannya. Danau ini sendiri terletak di tengah hutan di dusun saumanganyak.


Pantai Karamajat
Tidak hanya terkenal dengan tattonya, kepulauan mentawai juga terkenal dengan ombak yang sangat besar dan tinggi pada pantainya. Dan salah satu pantai yang memiliki ombak besar di kepulauan mentawai adalah pantai karamajat. Pantai karamajat ini terletak di pulau karamajat dari kepulauan mentawai. Disini kamu akan menyajikan suasana angin sepoi - sepoi yang cukup kencang. Ombak di pantai pulau karamajat ini mencapai 2-4 meter. Dari segi keindahan pantai ini juga tidak kalah dengan beberapa pantai yang ada di kepulauan mentawai. Sesuai dengan ombaknya yang besar dan besar, sangat cocok untuk kamu yang suka berselancar di pantai karamajat ini.


Pantai Katiet Bosua
Pantai dengan ombak besar dan tinggi di kepulauan mentawai adalah pantai katiet bosua. Pantai ini terletak di Dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora, Kepulauan mentawai. Untuk dapat sampai ke lokasi pantai ini kamu harus menggunakan kendaraan air misal kapal atau speedboat dari kelurahan Tuapejat. Cocok untuk kamu yang ingin berselancar di sini, sebab ombak di pantai ini mencapai ketinggian 3-4 meter.

Pantai siruso
pantai siruso. Seperti namanya di pantai ini terletak di pulau siruso di kecamatan sikakap. Untuk dapat ke lokasi pantai ini Anda harus menggunakan kapal atau speed boat dari sikakap. Dan lama waktu perjalanan dari sikakap ke lokasi pantai kurang lebih sekitar 1 jam-an. Sesampai sana kamu akan di undang dengan jernih air lautnya yang berwarna biru dan putihnya di daerah Pesisir Pantai siruso ini.

Pantai Pokai
Sebagai pulau terbesar di kepulauan mentawai. Pulau ciberut memiliki banyak tujuan wisata yang dapat kamu temui. Salah satu tujuan wisata dari pulau ciberut ini adalah wisata pantai pokai. Pantai ini terletak di daerah pulau ciberut utara Desa Simalegi. Di sepanjang Pantai Pokai ini terdapat pohon pinus berwarna hijau subur. Wisata pantai dari pulau ciberut utara ini juga terkenal dengan kesejukannya, hal ini mungkin karena banyaknya angin di daerah pantai ini. Membuat ombak di pantai ini juga tidak tenang. Jika dari kota kamu harus menggunakan transportasi laut seperti speedboat untuk bisa sampai ke pantai ini. Pemandangan di pantai ini juga indah, Kamu juga dapat pindah atau bepergian ke pulau yang dipindahkan tidak begitu jauh dari pulau ini. Kurang lebih 5 menit waktu yang Anda gunakan untuk dapat beralih dari satu pulau ke pulau lainnya.

Pantai Karoniki
Pantai karoniki merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi di kepulauan mentawai. Tidak hanya terkenal dengan keindahannya, pantai ini juga sering di jadikan tempat bertelurnya para penyu. Banyak telur penyu ditemukan di Pesisir pantai karoniki ini. Dilarang keras untuk kamu yang mengambil atau mencari telur penyu di Pesisir pantai karoniki. Seperti namanya pantai ini terletak di Pulau Koroniki, Kecamatan Siberut Selatan. Untuk sampai ke lokasi pantai butuh waktu sekitar satu jam dari kota kecamatan. Kamu juga harus menggunakan transportasi laut untuk bisa sampai ke lokasi pantai ini. Sesampai di sana kamu akan di izinkan untuk membuktikan ombak tinggi dan tebing-tebing tinggi. Banyak juga penduduk lokal yang menyediakan fasilitas panjat tebing di pantai ini.

Teluk Sinakak
Teluk Sinakak adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin berwisata di kepulauan mentawai. Tidak hanya di pemandangan laut yang indah, di sini Anda juga dapat menikmati matahari terbenam atau menikmati matahari terbenam dari Pesisir pantai. Seperti namanya teluk sinakak terletak di Desa Sinakak. Untuk mencapai lokasi teluk sinakak ini kamu harus menggunakan transportasi laut dan bepergian kurang dari 3 jam dari kota kecamatan.

Itulah beberapa objek wisata yang memukau yang ada dikepulauan mentawai. Selamat menjelajah.

⏪ prev : Alamat dan nomor telepon hotel dan penginapan dikota batam, kepulauan Riau.

⏩ next : Alamat dan nomor telepon hotel dan penginapan di mentawai, sumatera barat.



Mentawai dalam gambar.

Mentawai landscape

Pantai yang indah di kepulauan mentawai

Keindahan alam mentawai dengan pohon tropis

Resort yang eksotis

Pantai yang indah di kepulauan mentawai

Senja di mentawai

Kehidupan masyarakat adat suku mentawai

Masyarakat asli suku mentawai
Come and enjoy.... wonderful indonesia, wonderful malay..

Comments