Tempoyak kuliner dari permentasi durian sedap dan lezat.

Hello folks...

Kuliner sumatera selatan memang sangat menggugah selera, selain pindang, satu lagi menu dengan bahan dasar ikan yang sangat lezat dan sedap. Yaitu menu sup ikan dangan bumbu tempoyak.

Apakah tempoyak itu? Tempoyak adalah sebuah bumbu yang dibuat dari daging buah durian yang dipermentasi. Aroma dan rasanya yang khas sangat cocok untuk dicoba.



Bagi yang berada dan tinggal diwilayah sumatera bagian selatan. Palembang, jambi, bengkulu dan lampung, tempoyak sangat mudah dijumpai. Tapi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan tempoyak, jangan khawatir dalam kesempatan ini kami akan berbagi cara membuat tempoyak dengan bahan dasar daging buah durian. Sangat mudah dan sederhana.

Pertama. Pilihlah buah durian dengan kualitas yang bagus dan tentu saja sudah matang/masak. Rasanya manis, teksturnya lembut dan aromanya tajam.

Kedua. Pisahkan daging buah durian dari bijinya. Lalu masukkan daging buah durian kedalam toples yang kedap udara. Berilah sedikit garam ( jangan terlalu banyak dan asin ) lalu aduk rata. Kemudian diamkan dan simpan selama satu minggu. Dan tempoyak siap di olah sebagai bumbu utama yang lezat.

Sekarang anda sudah memiliki bahan tempoyak. Apa saja kreasi yang bisa di masak menggunakn tempoyak. Berikut resep sederhana namun terasa begitu nikmat.

Gulai ( pindang tempoyak ).

Bahan.
- 1 kg ikan air tawar ( patin, nila, baung, gabus dll )

- 100 gram tempoyak.

Bumbu halus.
- 1 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 3 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 8 buah cabe besar merah
- 5 buah cabe rawit merah
- minyak sayur secukupnya untuk menumis.

Bumbu kasar.
- 2 batang serai memarkan
- 3 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas memarkan
-  daun kemangi
- daun bawang potong/iris
- gula secukupnya
- garam secukupnya


Cara membuat/memasak.

1. Tumis bumbu halus menggunakan minyak makan. ( jangan terlalu banyak hanya digunakan untuk menumis bumbu halus ). Tumis hingga bumbu beraroma harum.

2. Masukkan serai, daun salam, kunyit serta tempoyak tumis dan aduk hingga merata. Tambahkan air secukupnya. ( gulai/pindang tempoyak tidak berkuah banyak seperti pindang pegagan atau pindang meranjat. Namun lebih kental).

3. Masukkan gula dan garam sesuai selera.

4. Selanjutnya masukkan ikan, rebus hingga matang dan biarkan bumbu dan kuahnya meresap.

Gulai pindang tempoyak siap dinikmati bersama nasi hangat.

Selain pindang tempoyak, menu lainnya berbahan dasar tempoyak adalah sambal tempoyak.

Sambal tempoyak bisa dijadikan pilihan bagi anda yang kurang suka dengan menu berkuah. Sambal tempoyak bisa disajikan terpisah dengan ikan goreng. ( lebih sedap jika menggunakan ikan seluang. Yaitu ikan sungai yang kecil-kecil ) namun juga bisa menggunakan ikan lainnya. Seperti patin, nila atau ikan air tawar lainnya.

Adapun ikan bisa dimasak dengan cara di goreng atau di pepes ( fresto dengan menggunakan daun pisang ) semuanya tergantung selera.

Berikut cara memasak dan membuat sambal tempoyak

Bahan.
- tempoyak sesuai selera.

- cabe merah besar

- garam secukupnya

- gula pasir secukupnya

- kunyit 1 cm

- minyak makan untuk menumis

Cara membuat.
1. Haluskan cabe merah, kunyit, garam dan gula. Lalu campurkan tempoyak dan aduk hingga merata.

2. Panaskan minyak lalu tumis tempoyak yang sudah diaduk bersama bumbu. Masak dengan api kecil hingga mengeluarkan aroma khas tempoyak.

Sambal tempoyak siap dinikmati bersama ikan seluang goreng dan nasi hangat. Hmmmm

Demikian salah satu menu khas sumatera selatan yang paling populer yang keberadaannya mungkin sudah ada sejak zaman kesultanan palembang darussalam hehehe

Salam hangat dari tanah melayu dan wassalam.

⏪ prev : Lezatnya pindang ( fish soup ) dan cara memhuatnya.

⏩ next : Alamat dan nomor telepon hotel, penginapan dan akomodasi di kota palembang.

Comments